Cara Mudah Copy File dengan RoboCopy

       Robocopy atau bisa juga disebut Robust File Copy merupakan tools dari windows yang tersedia dari mulai Windows Vista sampai dengan Windows 8.1, untuk windows 10 admin belum mencoba pada seri terakhir windows ini. Sesuai judul kita diatas Cara mudah copy file dengan Robocopy maka dari itu admin akan menjelaskannya dari step step awal. RoboCopy biasanya digunakan oleh System Administrator untuk mengcopy data-data dalam sekala besar. Robocopy terbilang cukup handal, efisien dan ringan. Untuk mengecek apakah windows kita sudah bisa mengunakan robocopy bisa melalui cmd seperti screenshot dibawah ini, ketikan saja robocopy pada cmd kemudian tekan enter.

windows-xp

Screenshot diatas admin coba di windows XP, Seperti yang admin jelaskan pada paragrap diatas RoboCopy hanya tersedia dari mulai Windows Vista sampai windows 8.1 sedangkan untuk windows XP itu dibawahnya windows Vista.

windows7

Screenshot diatas admin coba pada windows 7. ketikan robocopy pada cmd dan tekan enter. Untuk mengetahui perintah/Syntac pada robocopy ketikan robocopy /? seperti screenshot dibawah ini.

help

Pada screenshot diatas admin coba definisikian sebagian yang biasa digunakan.

/S :: copy Subdirectories, but not empty ones. <== Syntac untuk mengcopy beserta Subdirektori Exclude direktori kosong.

/E :: copy subdirectories, including Empty ones. <== Syntac untuk mengcopy beserta subdirektori Include dengan direktori kosong.

/COPYALL :: COPY ALL file info (equivalent to /COPY:DATSOU).  <== Syntac untuk mengcopy semua file beserta seluruh informasi yang terdapat dapa file.

/MOV :MOVe files (delete from source after copying). <== Syntacuntuk Mengcopy file dan menghapus file sumbernya setelah di copy.

/MOVE :: MOVE files AND dirs (delete from source after copying). <== Syntac untuk mengcopy file beserta subdirektorinya kemudian menghapus file sumbernya.

/R:n : number of Retries on failed copies: default 1 million. <== Syntac untuk mengulang proses copy jika proses copy sebelumnyagagal. Contoh/R:2<== Proses copy akan di ulang 2 kali jika proses sebelumnya gagal.

Sintac Robocopy bisa dilajankan langsung melalui cmd juga bisa dijalankan melalui Batch file(.bat). padapostingan kali ini admin akan membahasnya melalui .bat

Buka notepad anda kemudian ketikan robocopy (sumber file yang akan di copi) (direktoritujuan).

robo

syntac didalam file .bat tersebut bisa disesuaikan admin menuliskannya seperti dibawah ini.

bat

Demikian artiker sederhana ini semoga bisa menambah pengetahuan.

 

Facebook Comments